Test Footer 1

Bahasa Tubuh Yang Wajib Dikuasai Road Captain Motor Besa

Gambar dibawah ini adalah sekedar contoh yang sekiranya harus dilakukan oleh "Road Captain Touring" karena ia akan memimpin barisan grup, sudah tentu posisinya harus berada di barisan paling depan. Kemudian bahasa isyarat yang diberikan oleh Road Captain harus di ikuti oleh peserta secara berurutan mulai dari peserta nomor dua dan terus kebelakang.
1. START MESIN
Road Captain memberikan isyarat ‘hidupkan mesin’ dengan tangan kanan keatas sambil memainkan jari telunjuk tangan kanan.

Posisi masih berhenti dan kode start harus didahului oleh klakson dari Sweaper yang ada paling belakang. Usai klakson Sweaper tadi, Road Captain memberikan acungan jempol tangan kanan/kiri agar dilihat oleh semua peserta, artinya "ready to go."


2. BELOK KIRI
Road Captain memberikan isyarat "belok kiri" dengan cara mengayunkan tangan kiri sampai batas pundak sebelum ia belok ke kiri.


3. BELOK KANAN
Road Captain memberikan isyarat belok kanan dengan cara mengangkat tangan kiri sampai keatas helm, dengan telapak tangan kiri tebuka mengarak kekanan. Gerakan dilulangi beberapa kali menunjuk kekanan.


4. BAHAYA DI SISI KIRI
Road Captain memberikan isyarat ada "bahaya di sisi kiri" dengan mengangkat tangan kiri, serta menurunkan tangan kirinya ke bawah sambil membuka jari telunjuknya. Menunjuk sesuatu kebawah kiri seperti ada lubang atau jalan rusak. Cara ini jauh lebih baik dari pada dengan mengangkat kaki.


5. BAHAYA DI SISI KANAN
Kalau bikers bisa melepas gas dengan situasi aman, maka isyarat memberikan "bahaya di sebelah kanan" bisa saja dilakukan dengan mengangkat tangan kanan dan menunjuk ke arah kanan.


6. BAHAYA DI SISI KANAN
Road Captain jika terpaksa memberikan isyarat "bahaya disisi kanan" dengan cara mengangkat kaki kanan secukupnya. Isyarat ini bukan aksi mau menendang, tetapi hanya sekedar memberitahukan adanya bahaya dikanan karena tangan kanan bikers harus tetap pegang handle gas.


7. BAHAYA DI SISI KIRI
Sama seperti di atas beda kaki aja dengan kondisi diatas, Road Captain bisa juga memberikan isyarat ada "bahaya disisi kiri" sambil mengangkat kaki kiri secukupnya. Sekali lagi
isyarat-isyarat menggunakan kaki bukan bermaksud menendang, tetapi hanya memberitahukan ada bahaya di kiri sementara tangan kiri bikers harus pegang kopling.

8. TAMBAH KECEPATAN
Road Captain memberikan isyarat "tambah kecepatan" dengan cara mengangkat tangan kiri sambil menunjukkan jari telunjuk kirinya. Isyarat ini bisa juga dilakukan dengan membuka telapak tangan kiri kemudian digerakkan kedepan berulang-ulang. Gerakan tangan yang lain, yaitu tangan kiri diangkat ke atas kemudian didorong kedepan. Pesannya mengatakan "ayo maju lagi, yuk kita lebih cepat lagi". Isyarat ini harus melihat kondisi jalan, apakah aman serta memungkinkan kecepatan bisa ditambah.


9. KURANGI KECEPATAN
Road Captain memberikan isyarat "kurangi kecepatan" dengan cara melepas lengan tangan kiri dari handle kopling dengan secukupnya kemudian telapak tangan terbuka dimainkan atau diayunkan dengan perlahan. Bisa juga lengan tangan kiri secara besar diayun-ayunkan agar terlihat oleh semua peserta. Biasanya isyarat ini dilakukan ketika melewati tikungan-tikungan di pegunungan atau di jalan lurus dimana Road Captain minta kecepatan dikurangi secara perlahan, atau juga Road Captain minta extra perhatian grup untuk selalu “hati-hati”.


10. RAPATKAN BARISAN
Road Captain memberikan isyarat "rapatkan barisan" dengan mengangat tangkat kirinya keatas, mengepalkan telapak tangan kiri kemudian diayunkan beberapa kali. Isyarat ini bisa juga ketika kecepatan mendadak diminta Road Captain agar segera pelan dan kemudian akan berhenti karena “red traffic light” atau bahaya lainnya.


11. BUAT SATU BARIS
Road Captain memberikan isyarat "buat barisan jadi satu" dengan cara mengangkat tangan kirinya tinggi dan menempatkan telapak tangan kirinya diatas helm terbuka menghadap ke kanan, kemudian telapak tangan tadi diayungkan seperlunya. Isyarat satu baris ini juga bisa dengan mengangkat tangan kiri kemudian memberikan telunjuk satu kiri.


12. BUAT DUA BARIS
memberikan isyarat "buat dua baris" dengan cara mengangkat tangan kirinya sembari memberikan dua jari sebagai tanda angka 2. Isyarat ini meminta formasi barisan grup menjadi dua dengan syarat kecepatan rendah, kondisi jalan sepi dan formasi memang layak untuk berbaris dua. Jika kondisi dua baris sudah tidak mungkin lagi, maka secepatnya Road Captain memberikan isyarat satu baris (no. 11)


13. STOP / BERHENTI
Road Captain memberikan isyarat “berhenti / stop” dengan cara melepaskan tangan kirinya dari handle kopling kemudian telapak kirinya dibuka ke belakang sambil dimainkan atau digoyang-goyang menandakan harap segera berhenti. Isyarat ini jarang dipergunakan karena isyarat no. 10 rapatkan barisan dipakai sekaligus untuk berhenti.


Gan, Semua orang ingin menikmati perjalanan dengan nyaman dan keluarga dirumah pun selalu mendoakan agar kita selamat sampai ditujuan. Keep safety riding Gan & always watch your Road Captain!

0 Response to "Bahasa Tubuh Yang Wajib Dikuasai Road Captain Motor Besa"

Posting Komentar